Total Tayangan Halaman

Selasa, 10 Mei 2011

KARYA DAN BUDAYA INDONESIA YANG TERANCAM PUNAH

Indonesia merupakan negara kaya budaya dan karya. Tetapi, banyak warganya yang tidak menyadarinya. Mereka lebih suka budaya asing daripada budaya negara sendiri. Apakah ini yang disebut CINTA BUDAYA INDONESIA? Berikut karya atau budaya yang terancam punah tersebut:


1.Rumah Daerah














              VS






Rumah daerah merupakan warisan bangsa yang terkenal. Namun banyak mereka menganggap tinggal atau membangun rumah daerah itu ribet atau merepotkan. Mereka lebih suka membangun rumah mewah, megah nan klasik khas luar negeri. Padahal, ada beberapa rumah daerah yang fungsinya tidak hanya tempat berlindung. Ada beberapa rumah daerah yang tahan gempa dan tahan banjir sehingga fungsinya tidak hanya melindungi, bisa melindungi walau dari bencana berat sekalipun. Rumah daerah pun dapat dijadikan tempat wisata.


2.Baju Daerah






            VS 












Baju daerah merupakan busana khas negara kita. Namun kebanyakan mereka lebih suka baju asing seperti levis. Parahnya lagi, mereka yang suka memakai busana asing adalah para generasi muda yang akan mengurusi bangsa ini. Jika mereka lebih suka memakai busana asing siapa yang akan menjaga budaya busana tradisional kita. Contohnya batik, para anak muda lebih suka memakai baju asing walaupun ke pesta tradisional sekalipun. Alasannya hanya untuk pergaulan. Bagaimana kebudayaan bangsa kita kalau begini? Harusnya, kita buktikan kepada mereka(orang asing) bahwa busana kita tidak kalah keren dengan busana mereka.


3.Makanan Tradisional








           VS 












Cobalah kalian lihat para anak muda yang ingin mentraktir makan teman-temannya. Mereka kebanyakan mentraktir makan di restoran asing seperti KFC, CFC, Texas, dan Hoka-hoka Bento. Padahal, makanan daerah pun bisa menjadi makanan yang menggoyang lidah dan menyehatkan. Makan makanan  daerah sekalipun berarti masih peduli akan budaya daerah. Padahal restoran asing pun bisa membahayakan. Contohnya KFC, ayam mereka mengandung bahan selain bahan aslinya seperti pengawet dan penguat rasa. Selain itu sebelum ayam dipotong, disuntik bahan penggemuk dahulu sehingga ayam KFC yang kita kenal gemuk dan banyak dagingnya. Walaupun kita masih suka makanan asing tetapi kita harus menjaga pula kelestarian budaya kuliner bangsa kita.


4.Game Indonesia










                        VS
     












Cobalah anda pergi ke warnet. Mungkin anda akan mendengar suara efek game yang begitu keras. Kebanyakan pula mereka memainkan game luar negeri. Alasannya, game luar negeri memang seru dan mengasyikan. Namun Game Indonesia pun tak kalah seru pula. Bahkan ada yang mengajarkan norma. Namun lihatlah game luar negeri. Kebanyakan mereka mendukung kejahatan atau keburukan, sehingga norma anak Indonesia tercemar. Contohnya Counter Strike. Kebanyakan orang-orang memilih Team Terrorist. Alasannya karena senjatanya bagus-bagus. Namun itu sama saja membela teroris dan melecehkan polisi. Lagipula efeknya darah yang begitu banyak. Contoh lain "Need For Speed". Game ini menyuruh kita balapan liar dan menyelesainkan seluruh misi Blacklist. Namun bila bertemu Polisi kita disuruh kabur atau kita menjebaknya. Kalau tidak kita akan tertangkap. Efeknya anak muda yang belum berpikir luas bisa terpengaruh game ini dan game-game negatif lainnya ala luar negeri. Lagipula ada beberapa game asing yang mengandung asusila dan gambar porno. Misalanya GTA


5.Kartun/Komik Indonesia










                       


                                     VS                                     














Coba kalian tanyakan pada anak-anak pecinta superhero. Kebanyakan mereka mengenal Superman, Batman, Spiderman, The Flash, dll. Tetapi coba kalian tanya seperti Gundala. Kebanyakan mereka yang tidak begitu suka Indonesia menjawab TIDAK TAHU. Kenapa anak-anak itu tidak tahu Gundala. Padahal Gundala adalah superhero asli Indonesia. Harusnya anak2 warga Indonesia megenal ini semua.


Sebagai warga Indonesia, sudah selayaknya kita mencintai budaya dan karya sendiri karena meupakan keunikan bangsa kita.
            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar